Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam – Kalian pasti pernah mengalami ketika HP kalian yang sedang dipakai mengalami blank hitam atau putih. Kerusakan ini sering disebut sebagai blank screen di mana ketika layar HP berubah menjadi hitam tetapi mesin masih dalam kondisi hidup.

Terdapat banyak faktor yang mengakibatkan kondisi ini, mulai dari sistem android yang down sampai HP yang terjatuh. Dan masih ada beberapa lagi yang mengakibatkan blank screen.

Itulah kenapa kalian harus mengetahui permasalahan yang terdapat pada HP terlebih dahulu untuk mengatasinya. Berikut sudah kami rangkumkan tentang Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam Batre Tanam. Untuk lebih jelasnya tentang car penanganan blank screen, silahkan menyimaknya berikut ini.

Untuk mengatasi layar HP yang blank atau hitam, ada beberapa langkah yang dapat Kalian coba. Pertama, pastikan Kalian mengetahui penyebab masalah ini. Penyebab umum meliputi masalah pada perangkat lunak, baterai, atau komponen perangkat keras. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Kalian coba untuk mengatasi layar HP blank hitam yang telah teknokra.com rangkum.

Penyebab Layar HP Blank Hitam

Berikut beberapa penyebab HP android mengalami blank hitam pada layarnya.

Menggunakan HP yang sedang di-charge:

Perlu diingat bahwa saat perangkat HP sedang diisi daya, suhu perangkat mungkin meningkat akibat masuknya daya listrik yang tidak stabil. Hal ini bisa menyebabkan HP menjadi panas selama pengisian daya. Oleh karena itu, kemungkinan HP Kalian mengalami hang ketika digunakan dalam keadaan sedang mengisi daya. Kalian mungkin juga sudah tahu bahwa menggunakan HP yang sedang di-charge untuk bermain game dapat mempercepat kerusakan baterai.

Bootloop

Bootloop juga bisa menyebabkan HP menjadi blank screen. Bootloop yang dimaksud di sini bukanlah bootloop yang biasa kita ketahui. Dalam kondisi ini, layar hanya akan menampilkan warna hitam. Sistem tidak dapat mengisi daya saat HP baru dihidupkan, sehingga proses pengisian daya gagal dan layar menjadi blank dengan warna hitam atau putih.

Memori internal yang penuh

Ketika memori internal penuh, hal ini juga bisa mengakibatkan blank screen pada layar HP. Penyebabnya adalah HP tidak dapat menginstal aplikasi ketika memori internal penuh. Biasanya, notifikasi yang menunjukkan bahwa memori internal penuh akan muncul pada layar. Selain itu, memori internal yang penuh juga akan menyebabkan HP menjadi lemot dan mesin bekerja lebih keras.

Kerusakan pada baterai HP

Blank screen juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada baterai HP. Ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan pada baterai HP, seperti tegangan baterai yang sudah tidak kuat atau HP yang di-charge terlalu lama.

Kerusakan pada layar

Salah satu faktor yang sering menyebabkan blank screen adalah kerusakan pada layar HP. Layar HP yang rusak akibat jatuh bisa menyebabkan fleksibel layar yang terhubung dengan mesin tidak tersambung, sehingga layar HP menjadi hitam.

Sistem Operasi Tidak Support

Kerusakan layar blank screen juga bisa disebabkan oleh adanya bug pada sistem operasi Android. Jika setelah HP diflashing atau di-update sistem operasinya ternyata ada ketidakcocokan, hal ini juga bisa mengakibatkan blank screen.

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam

Setelah mengetahui penyebab dari blank screen selanjutnya lanjut dengan cara mengatasi blank screen.

  1. Melepas Kartu SIM, Memory dan Baterai

Cara pertama untuk mengatasi HP yang mengalami blank screen yaitu dengan melepas kartu SIM, memori dan baterai. Jika sudah melakukan ini tunggulah beberapa waktu setelah itu nyalakan kembali HP. Kemudian HP akan memulai restart pengaturan untuk mengatasi blank screen ketika mesin menyala.

  1. Menghapus Data Cache Sistem

Selanjutnya untuk mengatasi blank screen yaitu dengan menghapus data cache. Data cache atau data sementara yang tersimpat pada memori internal mempercepat proses transfer data pada aplikasi. Jika data cache ini tidak pernh dihapus akan bertambah banyak dan akan membuat sistem menjadi error. Sehingga lebih baik data cache dihapus setidaknya sehari sekali.

  1. Flashing Ulang HP

Update sistem oprasi yang tidak tepat akan mengakibatkan sistem menjadi tidak stabil. Ini juga akan membuat HP menjadi blank screen ketika digunakan. Untuk memperbaikinya yaitu dengan kembali ke sistem operasi sebelummnya atau dengan melakukan flashing ulang.

  1. Bersihkan Socket Konektor Layar

Selanjutnya untuk mengatasi blank screen yaitu dengan membersihkan socket konektor layar. Untuk membersihkan socket konektor bisa mgn ikuti langkah langkah berikut ini.

  • Pertama tama bukalah penutup belakang casing, kemudian keluarkan baterainya.
  • Jika sudah, di bagian samping terdapat socket layar.
  • Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan penghapus, dengan melepaskan konektor dari layar.
  • Silahkan bersihkan semua socket yang ada, sampai bersih.
  • Jika sudah bersih pasang kembali socket layar dan nyalakan kembali HP nya.
  1. Mengkeringkan Layar HP Jika Terkena Air

Jika layar HP kamu mengalami blank screen karena terjatuh ke air, kamu bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

  • Pertama bongkar HP untuk mengkeringkan semua komponen.
  • Kamu bisa mengunakan hair dryer untuk mengkeringkan komponen.
  • Setelah itu pasang kembali semua komponen dan coba nyalakan kembali.

Kesimpulan

Layar HP Blank Hitam bisa disebabkan oleh kerusakan pada sistem atau software dan juga disebabkan karena ada keruskan pada hardwarenya. Untuk itu apabila kalian mengalami ini, lebih baik dibawa ke tempat service terpercaya atau yang sudah langganan.

"Seorang penggiat teknologi dan hobi menulis, dengan keahlian dalam ekonomi. Mampu merangkai kata-kata cerdas sambil memahami dinamika pasar dan perkembangan teknologi terbaru."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like