YSC Ajak Warga Gudang Agen Cegah Covid-19 dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

teknokra.com: Komunitas Youth with Sanitation Concern (YSC) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama masyarakat RT. 47 Kampung Gudang Agen, Pesawahan mengenai pencegahan Covid 19, Jumat, (21/8). Pada kesempatan itu, YSC menekankan pencegahan Covid-19 melalui penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Muhammad Ilham Affandi, selaku kordinator lapangan mengatakan, FGD ini bertujuan memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan permasalahan masyarakat terkait akses dan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat. Selain itu, YSC juga menyampaikan hasil survey yang sebelumnya telah dilakukan mengenai perilaku hidup bersih di masyarakat RT 47 Kampung Gudang Agen.

“Harapannya, bisa tumbuh kesadaran  masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, seperti cuci tangan pakai sabun dan ikut berkontribusi dalam penyediaan akses sanitasi dan CTPS di lingkungan setempat,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Teluk Betung Selatan, Ichwan Aji mengatakan, kegiatan YSC tujuannya sangat baik dan merupakan amal soleh. Ia berharap, masyarakat mau membantu mewujudkan kegiatan untuk berkontribusi baik secara pribadi ataupun kolektif.

“Harapannya, selanjutnya kita mau melakukan sesuatu, bukan hanya hadir dan berwacana saja,” tuturnya.

Selain itu, Denita Sidabukke, Ketua Project ini mengatakan, masyarakat gudang agen menyambut antusias kegiataan ysc dalam rangka upaya pencegahan Covid 19. Dari kegiataan ini, masyarakat berkomitmen untuk ikut berpartipasi mendukung kegiatan.

Dari kegiatan tersebut, diperoleh hasil akhir berupa rencana tindak lanjut yang akan dilakukan masyarakat bersama YSC kedepannya. Selanjutnya, akan diadakan kembali FGD terkait renovasi dan perawatan toilet umum di lokasi tersebut, serta pembuatan kampanye kreatif mengenai perilaku hidup bersih dan sehat yang melibatkan masyarakat setempat.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Kecamatan Teluk Betung Selatan, Pihak Puskesmas Pasar Ambon, Ketua RT 47 dan Ketua RT 44 Kampung Gudang Agen, dan 20 orang warga setempat.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan ‘Millenials Fight Covid’ yang diinisiasi oleh YSC. Dalam pelaksanannya, kegiatan ini juga didukung oleh Youth for Water and climate, Swiss Agency for Development and Cooperation SDC, SIE-ISW-SIA,  dan Etablissement public du Ministere charge du development durable.

Rilis

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post