YSC Adakan 4 Days Video Challenge

teknokra.com: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan kunci melawan virus di tengah pandemik Covid-19. Salah satu upaya untuk memutus mata rantai penularannya adalah dengan menjaga perilaku kebersihan.

Berangkat dari hal tersebut, Youth with Sanitation Concern (YSC) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan SNV Indonesia mengadakan kegiatan 4 Days Video Challenge dengan tema “Hidup Bersih Lawan Virus.”

Adapun Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 13-19 Mei 2020 di media social Instagram @ysc_id. Dalam pelaksanaannya, peserta bisa memenangkan hadiah voucher belanja gopay/ovo/indomaret senilai Rp.250.000 dan terdapat ratusan ribu lainnya untuk 23 pemenang.

Khorik Istiana, selaku ketua YSC, mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat di Provinsi Lampung terhadap perilaku kebersihan sebagai upaya pencegahan penyakit, termasuk pencegahan Covid-19.

Khorik menjelaskan, dengan adanya Covid-19 ini masyarakat semakin peduli dengan isu kebersihan, meskipun demikian prakteknya masih banyak yang belum sesuai dengan arahan pemerintah. Misalnya saja CTPS, menurutnya, masih banyak yang melakukannya tanpa mengikuti langkah-langkah yang diajurkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni 6 langkah dan selama 20 detik.

YSC ingin masyarakat tidak hanya CTPS setelah beraktivitas dari luar saja, tetapi juga di 5 waktu penting CTPS yaitu sebelum dan sesudah makan, setelah Buang Air Besar (BAB), sebelum mengolah makanan, sebelum menyusui dan setelah menceboki bayi.

“CTPS itu pencegahan penyakit paling murah untuk memutus mata rantai penularan penyakit, bukan hanya untuk corona saja tetapi penyakit lainnya seperti diare, typus, hepatitis, dan lainnya,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, YSC berharap bisa mendorong masyarakat untuk mempraktikan perilaku kebersihan tidak hanya selama pandemic tetapi juga pasca itu.

Adapun syarat untuk mengikuti kegiatan ini, peserta harus mengupload foto dan video sesuai tema yang sudah ditentukan, yaitu:
Hari 1 : Masker Pelindungku
Peserta harus mengupload foto menggunakan masker disertai caption pentingnya menggunakan masker di masa pandemik
Hari 2 :Aku Sebelum-Sesudah adanya Covid-19
Peserta harus posting video pendapat tentang kebiasaan yang berubah ebelum dan saat terjadi pandemik .
Hari 3 :Hidup Bersih Lawan Virus ala Kamu
Peserta harus posting video hidup bersih versi peserta.
Hari 4 :Ajak Keluargamu Cuci Tangan Pakai Sabun! Jangan lupa langkah-langkah CTPS!

Peserta memposting video cuci tangan pakai sabun dengan mengajak keluarga di rumahmu atau kerabat yang berada dalam suatu bangunan.

Adapun syarat lainnya yang harus dipenuhi peserta yaitu :

  1. Berdomisili di Provinsi Lampung
  2. Wajib Follow instagram/twitter @ysc_id dan @dinkeslampung dan @pemprov.lampung
  3. Video dan Foto Wajib diambil #Dirumahaja
  4. Durasi video min 1 menitdan max 2 menit
  5. Video diposting di Instagram pada periode tanggal 13-19 Mei 2020
  6. Video diposting di Instagram melalui “Feed”/ IG TV dan tag @ysc_id
  7. Semua postingan wajib menggunakan hastag : #Dirumahaja #HidupBersihLawanVirus #CTPSlawanvirus #YSCchallenge #YSCDay1 (angka dibelakang berubah sesuai hari challenge)
  1. Untuk hari pertama (#YSCDay1) wajib mention 3 orang temanmu
  2. Peserta tidak mengunci akun instagramnya
  3. Pemenang akan diumumkan di Instagram YSC pada tanggal 1 juni 2020
  4. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

Rilis

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post