Jelang UTBK 2020 SBMPTN, Berikut Tahap-Tahapnya

teknokra.com: Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) akan segera dibuka. SBMPTN 2020 tetap dengan cara menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK 2020). Jadwal UTBK 2020 akan dibuka mulai 17 Februari-5 April.

Oleh sebab itu, UTBK tak dapat dipisahkan dengan SBMPTN. Penerimaan masuk perguruan tinggi dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Dilansir dari official instagram LTMPT langkah awal siswa harus mendaftar akun LTMPT terlebih dulu.

Baca juga beasiswa mahasiswa dari Bank Indonesia

Berikut delapan tahap daftar UTBK dan SBMPTN. Pertama, siswa harus registrasi di LTMPT. Lalu, pendaftaran jadwal UTBK 2020 akan dimulai 17 Februari- 5 April 2020. Siswa dapat mendaftar di portal.ltmpt.ac.id lalu klik daftar di sini. Catatan bila sudah ada akun masuk dari sekolah silahkan tinggal login

Kedua, siswa kelas XII harus melakukan login. Caranya pakai username bisa juga pakai email dan kata sandi ke laman ltmpt tersebut.

Baca juga klik Lagi Garap Skripsi, Tesis, atau Disertasi Peluang Dapat Beasiswa Mizan 2020

Berikutnya, melakukan verifikasi dan validasi data siswa. Selanjutnya isi data seperti biodata, upload foto diri, dan verifikasi.

Keempat, pendaftaran UTBK dengan pilih menu tersebut. Menu itu siswa akan mengisi lokasi pusat UTBK PTN, jenis ujian, dan waktu sesi ujian. Supaya dapat slip pembayaran.

Kelima, harus bayar UTBK. Pembayaran dapat dilakukan melalui tiga bank. Bank BNI, Bank BTN, dan Bank Mandiri.

Baca juga rincian jadwal SNMPTN 2020

Siswa harus membawa slip pembayaran UTBK yang dijelaskan dalam tahap keempat. Pembayaran paling lambat 1×24 jam. Besaran biayanya untuk kelompok UTBK saintek atau UTBK soshum Rp.200.000. Bila, kelompok UTBK campuran Rp.300.000.

Langkah keenam, melakukan login UTBK lagi san cetak kartu. Siswa diharapkan membuka lagi laman portal.ltmpt.ac.id sama pilih menu pendafataran UTBK. Supaya dapat mencetak kartu UTBK.

Baca juga Januari 2020, 10 Universitas Terbaik Se-Indonesia

Pencetakan kartu wajib dengan printer yang berwarna. Supaya tak mudah rusak pakai gantungan plastik kartu ujian.

Selanjutnya, siswa mengikuti jadwal UTBK yang telah diberikan. Harus sesuai dengan hari, tanggal, sesi, pukul, dan lokasinya yang telah dipilih.

Baca juga klik Tiga Tragedi Duka Mahasiswa

Terakhir, Siswa wajib membawa berbagai perlengkapan saat ujian UTBK 2020. Diantaranya, membawa ijazah untuk siswa angkatan 2018-2019. Sedangkan 2020 membawa surat keterangan identitas pelajar dari sekolah. Harus memuat informasi peserta didik, foto, dan tanda tangan kepala sekolah yang distempel.

Rilis

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post