Penyerahan Sertifikat Dua Warisan Budaya Lampung di Festival Melinting VI

 

doc.
doc.

Teknokra.com: Festival Melinting VI digelar di Lampumg Timur, Minggu (17/4). Acara yang dimeriahkan dengan berbagai pertunjukkan dan perlombaan kreasi tari melinting oleh 25 peserta tersebut, dihadiri langsung oleh Chusnunia Chalim (Bupati Lampung Timur), Sultan Ratu Idil Muhammad Tihang Igama IV, Novellia Yulistin Sanggem (Ketua Gamolan Institute Lampung), Fajar Ramadhan (Duta Gamolan), Felicia Hwang (runner up Putri Indonesia) dan tiga juri perlombaan yaitu Hasyimkan, Dian Anggraeni dan Indra Bulan.

Kesempatan tersebut juga menjadi momen dilakukannya penyerahan simbolik salinan dua sertifikat warisan budaya Lampung kepada Bupati Lampung Timur, Sultan Ratu Melinting, Putri Indonesia, dan Ketua Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur.

Dua sertifikat warisan budaya tak benda Indonesia itu merupakan, salinan sertifikat ‘Tari Melinting’ yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 17 Oktober 2014 dengan nomor registrasi 153988E/MPK.A/DO/2014 dan salinan sertifikat ‘Gamolan’ yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 17 Oktober 2014 dengan nomor registrasi 153988A/MPK.A/DO/2014.

“Tujuan penyerahan simbolik ini sebagai mandat untuk turut bertanggung jawab melindungi, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Lampung, khususnya Tari Melinting dan Gamolan,” ungkap Novellia.

Adanya momen ini, diharapkan mampu menjadi media agar Tari Melinting dan Gamolan dapat berkolaborasi dan menjadi pertunjukkan seni kreasi yang apik . Upaya ini merupakan salah satu misi besar untuk membawa dua warisan budaya Lampung tersebut, agar ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

“Untuk sampai ke cita-cita mulia agar warisan budaya Lampung tercatat di UNESCO harus ada peran pemerintah, pemangku adat, duta lampung, dan stakeholder serta seluruh masyarakat Lampung,” ujarnya mengakhiri.

Rilis

Redaksi Teknokra

https://teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Related post