Generasi Berencana Tanpa AIDS

doc.
doc.

Teknokra.com: Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Lampung (KKN Unila) Kampung Astra Ksetra, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang memberikan penyuluhan tentang Generasi Berencana Tanpa AIDS ke siswa SMP Angkasa. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMP Angkasa, Sabtu (27/2).

Fajar Nurrohmah (Administrasi Bisnis ’13) salah satu pembicara menyampaikan bahwa generasi berencana merupakan remaja atau pemuda yang memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku untuk merencanakan kehidupan atau masa depannya. Tujuan dari generasi berencana ini adalah untuk mengajak remaja tidak menikah usia dini (pendewasaan usia perkawinan), mengajak berperilaku sehat, serta mengatakan tidak pada seks bebas dan narkoba. Pernikaham di usia yang belum ideal juga akan mengakibatkan beberapa hal seperti perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, tidak adanya kesiapan ekonomi, serta berisiko munculnya penyakit yang berujung pada kematian.

Usia remaja yang rentan dengan pergaulan bebas dan narkoba juga dapat berisiko tertular Human Immunodeficiency Virus (HIV). HIV dapat masuk ke tubuh seseorang melalui penggunaan jarum suntik secara bergantian, air susu ibu yang positif HIV, hubungan seks bebas, dan transfusi darah yang tercemar HIV. Virus ini akan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Acara ini juga menghadirkan Destika Sari (Kedokteran ’13) sebagai narasumber. Ia menambahkan bahwa belum ada obat yang mampu memusnahkan virus penyebab Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS). Obat yang diberikan ke penderita AIDS hanya memperlambat perkembangan virus di dalam tubuh. “AIDS sampai sekarang belum ditemukan obatnya, maka jauhi narkoba dan seks bebas untuk menghindarinya,” jelasnya.

Kepala SMP Angkasa, Sri Prayekti berharap penyuluhan tentang generasi berencana tanpa AIDS tersebut dapat memotivasi siswa-siswinya menjadi generasi yang sehat dan cerdas.

rilis.

Redaksi Teknokra

https://teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Related post