Alih Fungsi Akun Lampung Bergerak Menjadi Gerakan Pilkada Sehat

Tangkapan layar bukti terjadinya perubahan akun @lampung_bergerak menjadi @Gerakanpilkadasehat

teknokra.com: Akun @lampung_bergerak beralih fungsi menjadi @Gerakanpilkadasehat (18/11). Postingan @Gerakanpilkadasehat berisikan propaganda Pilkada sehat secara kesehatan, maupun politik dan hukum.

Ardhias Nauvaly Azzuhry, Humas Komite Aspirasi Rakyat menuruturkan berdasarkan tangkaan layar miliknya. Logo akun @Gerakanpilkadasehat terdapat pula logo BEM U KBM UNILA (BEM tingkat Universitas di UNILA). Bola panas ini lantas mengarah kepada BEM U KBM UNILA. Sebab, diperkuat oleh adanya dua postingan berisi potret Irfan dan Ghani lengkap dengan keterangan jabatan mereka yaitu Presiden BEM U KBM UNILA dan Wakil Presiden BEM U KBM UNILA.

“Sebagai tambahan bahwa tercantum pula logo BEM-SI (Badan Eksekutif Mahasiswa – Seluruh Indonesia) pada postingan @gerakanpilkadasehat,” ujarnya.

Menurutnya, ada dua bukti bahwa akun @gerakanpilkadasehat adalah benar akun @lampung_bergerak yang dialihfungsikan secara sepihak. Pertama, adanya kesamaan konten (persis) pada bagian Photos of You kedua akun. Photos of You merupakan kumpulan postingan orang lain yang men-tag akun terkait yang pada kasus ini adalah @lampung_bergerak.

Selanjutnya, ada hasil tangkap layar yang mengabadikan keteledoran siapapun yang mengalihfungsikan akun secara sepihak. Keteledoran ini berupa belum digantinya nama akun meskipun username (yang digunakan saat login) sudah diganti. Perihal ini, bisa ditelusuri lewat fitur Tentang Akun. Sayangnya fitur tentang akun telah dinonaktifkan oleh pengguna.

Selain perubahan substansial dan fundamental soal @gerakanpilkadasehat, sebenarnya akun ini mengalami perubahan minor yang dilakukan secara sepihak pula. Perubahan tersebut antara lain penambahan jumlah underscore pada username (dari @lampung_bergerak menjadi @lampung__bergerak). Kemudian, perubahan nickname dari lampung memanggil menjadi lampung bergerak. Akhirnya akun ini dikembalikan fungsi dan identitasnya sebagaimana mestinya

“Kami menganggap ini tetaplah merupakan upaya sabotase atas konsensus bersama. Dalam kata lain, penyelenggara akun @gerakanpilkada sehat sudah sah menjadi pengkhianat konsolidasi gerakan rakyat atas nama Aliansi Lampung Memanggil,” katanya.

Akun @Lampung_bergerak merupakan corong propaganda berkaitan dengan isu Omnibus Law.  Aliansi Lampung bergerak merupakan Elemen Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari semua universitas yang memilih cabut dari Aliansi Lampung Memanggil.

Rilis

Pemimpin Redaksi

Related post