WR III Mediasi Sidang Sengketa Pemira 2020

teknokra.com: Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Yulianto melakukan mediasi sidang sengketa pemira 2020. Mediasi ini menghadirkan penggugat (Tim sukses Septian Adi P.-Claudia N.D.P.H dan M. Julianto-Agung Ilham) dan tergugat (Panitia Khusus Pemira 2020) di ruang sidang 1 lantai 4 gedung Rektorat Universitas Lampung.

Prof. Yulianto mengatakan ia bersama tim kerjanya masih mendengarkan laporan dari pihak tergugat dan penggugat. Kemudian, hasil mediasi ini akan dikonfirmasi  ke pihak MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa).

“Nanti akan kita klarifikasi lagi. Jadi kita sepakati tim kerja kami akan bertemu MPM pada hari senin,” ujarnya dalam rapat mediasi (13/11).

Edi Hermawan H. (Ekonomi Pembangunan’19), Ketua Pansus 2020  mengatakan  hasil keputusan sidang sudah ditetapkan oleh MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa). Mediasi ini dilakukan karena  pihak penggugat menyampaikan mosi tidak percaya kepada MPM.

“Akan tetapi kalo kita lihat dari UU KBM Unila, keputusan MPM itu bersifat final. Karena MPM merupakan lembaga peradilan tertinggi di Pemerintahan Mahasiswa,” katanya.

Ia menambahkan mediasi ini dapat meminimalisir terjadinya kerusuhan terkait sidang sengketa pemira 2020.

Salomo Benyamin (Ilmu Hukum’17) selaku ketua Timses Septian Adi P.-Claudia N.D.P.H merasa kecewa dengan posisi MPM. Menurutnya, MPM tidak dapat menengahi gugatan sengketa-sengketa pemira 2020.

“Harapan saya dengan hadirnya Prof. Yulianto dan jajaran.  Saya berharap putusan sidang nanti adalah putusan sidang yg objektif dan rasional. Sesuai dengan apa yg menjadi gugatan kami dan pembuktian kami yang sudah sangat jelas,” ujar Salomo.

Menurut Hanggara Ramadhan (Ilmu Hukum’17), Ketua MPM, MPM sudah menjalankan mekanisme sidang sampai selesai. Pembahasan masalah sudah selesai sampai pada penyampaian keputusan. Kemudian, penyampaian keputusan sidang diberikan kepada MPM.

Hasil dari mediasi masih menunggu pertemuan WR III, Prof. Yulianto dengan MPM pada Senin, 16 November 2020.

Penulis Yesi Sarika

Pemimpin Redaksi

Related post