Unila Rencanakan PTN-BH Tahun 2025

teknokra.com: Universitas Lampung (Unila) merencanakan jadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) di tahun 2025. Saat ini Unila masih menjadi universitas kategori Badan Layanan Umum (BLU) melalui keputusan Kementrian Keuangan sejak tahun 2009.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara rektor Unila Nanang Trenggono, pada konferensi pers di ruang sidang Rektorat, Selasa (12/01).

Ia menjelaskan terdapat tiga kategori perguruan tinggi yaitu perguruan tinggi satuan kerja (satker), PTN BLU, dan PTN-BH.

“PTN-BH itu artinya sudah mandiri dalam pengelolaan keuangan, bersifat otonom,” jelasnya

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini juga menuturkan untuk menjadi PTN-BH sekurang-kurangnya program studi (prodi) akreditasi A sebanyak 60 persen. Unila harus mengupayakan 30 persen prodi lagi dengan akreditasi A untuk melampaui persyaratan menjadi PTN-BH.

“Dari 112 program studi di Unila yang akreditasinya A 29,5 persen yaitu 33 prodi. Kemudian yang akreditasi B itu 67 prodi atau 59,8 persen yang C itu 2 prodi atau 1,8 persen dan yang masih proses diberikan akreditasi berjumlah 8,9 persen,” tuturnya.

Selain akreditasi prodi, Nanang menambahkan publikasi ilmiah menjadi acuan sebuah universitas untuk menjadi PTN-BH.

“Publikasi ilmiah untuk universitas-universitas berbadan hukum yang di atas 500 antara lain, IPB, ITS, Undip, Unpad, UPI, Unhas, Unair, dan USU itu tahun 2018,” tambahnya.

Ia juga menyarankan kepada seluruh civitas academica agar bersinergi dan mendukung Unila agar menjadi Universitas yang berbadan hukum.

Penulis: Andre Prasetyo Nugroho

Redaksi Teknokra

https://teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Related post