Unila Peringkat ke-7 Kampus Terpopuler Lewat Traffic Website Versi 4ICU

teknokra.com: Lembaga International International and Universities (4ICU) merilis UniRank untuk daftar universitas terpopuler Se-Indonesia, Asia Tenggara, Asia, dan dunia, Selasa(4/2) di web resminya. Dari 571 universitas di Indonesia, Universitas Lampung (Unila) menempati posisi ke-7 .

Baca juga klik Tiga Tragedi Duka Unila

Lalu, peringkat Asia ke-90, Asia Tenggara ke-17, dan dunia ke-510. Hasil itu buat Unila naik dua tingkat, sebab pada tahun lalu, posisi Unila ranking ke-9 Se-Indonesia tingkat kepopulerannya.

Rilis peringkat UniRank 4ICU ini di pos akun instagram Official Unila. Muncul berbagai tanggapan dari warganet lewat kolom komentar. Seperti, akun Erwandi- “ITB? IPB? ITS?,” tulisnya.

Berikutnya, rusdi_sion” akhirnya 10 besar juga wkwkwk, teruskan guys,” tulisnya. Lalu, akun trrhma “ITB mana” komentarnya.

Berdasarkan keterangan yang ditulis di laman 4ICU ada penjelasan tujuan penilaian.  “Menyediakan peringkat  non-akademik dari universitas-universitas top Indonesia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dipengaruhi. Disediakan oleh sumber-sumber intelijen web independen daripada data yang dikirimkan oleh universitas,” tulis penjelasannya.

Baca juga klik Rangking Unila Januari 2020 Capain Terburuk Ketiga

Metode yang digunakan dengan menilai dari website sebuah universitas yang sudah terdaftar sebagai IREG Observatory On Academic Rangking And Excellence. Unila memiliki website yang utama, yakni unila.ac.id dan berbagai sub domain yang dimiliki.

Laman website universitas dapat dinilai dengan trafic website netral dan independen. Seperti, Alexa Rank, Similar Web Rank, Majestic Refering Domain, Moz Domain Authority, dan Majestic Trust Low. Lima web itu yang menilai kepopuleran sebuah universitas lewat trafic website universitas yang dimiliki.

Baca juga klik Lagi Garap Skripsi, Tesis, atau Disertasi Peluang Dapat Beasiswa Mizan 2020

Tiga kriteria utama sebuah perguruan tinggi dapat diikut sertakan penilaian 4ICU. Pertama terakreditasi oleh badan akreditasi nasional di negara itu. Seperti Indonesia, Kementerian Pendidikan, Budaya, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbud-Dikti).

Kedua, perguruan tinggi ada pendidikan sarjana, pascasarajana, dan progam doktor. Ketiga, menerapkan sistem tatap muka atau masuk ke kelas ada interaksi dosen dan mahasiswa. Bukan lewat online.

Berikut 10 universitas terpopuler, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Dipenogoro, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Lampung, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Negeri Semarang.

Rilis

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post