Unila Beri Keringanan UKT Penuh Hanya Sampai Golongan 3

teknokra.com: Universitas Lampung (Unila) memberikan program Bantuan UKT/SPP 2020 secara penuh hanya untuk golongan 2 dan golongan 3. Unila mengacu pada Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 25 Tahun 2020 perihal bantuan UKT.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Yulianto mengatakan bahwa persyaratan untuk mendapat bantuan program Bantuan UKT/SPP 2020 yaitu tidak mendapat beasiswa dan UKT maksimum golongan 3. Ia menjelaskan bahwa untuk bantuan UKT ini tidak ada pendaftaran, tetapi sudah mendata 1505 mahasiswa yang akan mendapat bantuan UKT 2020.

Ia juga menambahkan untuk UKT golongan 4 keatas dapat melakukan banding maupun penundaan pembayaran. “Ajukan saja pengurangan atau penundaan. Namun beda skema yang tadi dari permendikbud ini dari Unila, data aja yang bener nanti kita verifikasi kok,” jelasnya.

Juanda Nasa Putra (Agribisnis ’18) selaku mahasiswa yang mendapat UKT golongan 3 mengaku sudah mengetahui bantuan UKT ini dari dosennya. Tetapi ia disuruh menanyakan kembali ke rektorat. Menurutnya, publikasi yang dilakukan Unila sangat buruk.

“Orang rektorat nggak tau, terus saya kayak di oper-oper. Pertama saya ke akademik lalu ke bagian kemahasiswaan setelah itu lanjut ke bagian keuangan. Kayak udah nggak transparan, kita nggak tahu yang dapat apa nggak (bantuan),” ucapnya saat dihubungi via telepon.

Bagus Jihandi (Teknik Sipil ’18), mahasiswa yang mendapat UKT golongan 5 mengaku kecewa karena tidak adanya pemotongan UKT secara penuh. “Ya aneh aja kenapa nggak ada bantuan buat golongan 3 keatas, kan kasian karena pandemi ini ekonomi keluarga kurang stabil,” katanya.

Ia berharap agar pihak rektorat memikirkan kembali keputusan untuk golongan UKT 3 keatas. “Jangan pilih kasih saat masa-masa seperti ini,” pungkasnya.

Penulis: Andre Prasetyo Nugroho

Disunting pukul 13.42 (25/07)

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post