UKPM Teknokra Unila Raih Penghargaan Kamaroeddin 2020

Tangkapan Layar acara Puncak HUT ke-26 AJI yang disiarkan melalui akun Youtube AJI Bandar Lampung, Jumat (11/9).

teknokra.com: Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung (Unila) meraih penghargaan Kamaroeddin 2020 dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung pada Jumat (11/9).

UKPM Teknokra dinilai memenuhi kriteria Kamaroeddin Award. Penghargaan Kamaroeddin diberikan kepada individu atau kelompok masyarakat atau lembaga yang berkontribusi positif terhadap jurnalisme, kemerdekaan pers, demokrasi, dan hak asasi manusia di Lampung.

Tiga usulan pengurus AJI Bandarlampung diantaranya, UKPM Teknokra, Kabid Humas Polda Lampung Komisaris Besar Pandra, dan Kelompok Studi Kader (Klasika).

Hendry Sihaloho (Ketua AJI Bandarlampung), menuturkan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi dari AJI Bandarlampung terhadap UKPM Teknokra Unila. Menurutnya, UKPM Teknokra telah berani menggelar diskusi mengenai rasialisme terhadap Papua meskipun mendapatkan ancaman, serangan digital, dan teror dari berbagai pihak luar yang tidak dikenal.

“Selain itu, Teknokra dalam berbagai medium juga bersikap atas aksi-aksi represif terhadap pers serta kekerasan terhadap jurnalis kampus. Kami melihat ini mewakili spirit AJI , yaitu menjaga kebebasan pers,” tuturnya.

Chairul Rahman Arif (Pemimpin Umum UKPM Teknokra) mengucapkan rasa terima kasih kepada AJI Bandarlampung dan tim kurator. Mereka telah menilai dan memberikan penghargaan Kamaroeddin 2020 kepada UKPM Teknokra yang dinilai layak untuk mendapatkan penghargaan ini.

“Untuk ke depannya Teknokra akan berusaha tetap konsisten untuk turut mendukung kebebasan berekspresi dan juga berpendapat serta menegakkan nilai-nilai kebebasan pers. Termasuk menolak setiap tindakan represif yang kerap didapatkan pers mahasiswa ketika melakukan kerja-kerja jurnalistik,” ujarnya.

Penulis: Ridho Efendi

Editor: Sri Ayu Indah Mawarni

Disunting pada Sabtu (12/9) pukul 12.58 WIB.

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post