UKM KSR PMI Unit Unila Laksanakan Donor Darah Aman

teknokra.com: Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR ) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Universitas Lampung (Unila) bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Pembina PMI Provinsi Lampung melaksanakan Donor Darah Aman di Era Pandemi. Kegiatan ini dilaksanakan di UTD Pembina PMI Provinsi Lampung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pada Senin (30/11).

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan jumlah pendonor darah yang mengalami penurunan signifikan di masa pandemi.

Salah satu pendonor, Silvia Rahayu Anggraini mengatakan sudah sering mendonorkan darah. Namun, saat ini ia takut untuk mendonorkan darahnya akibat Covid-19.

“Niatnya mau nunggu Covid selesai baru mau donor, tapi saya sadar kalau pasien yang butuh darah itu tidak menunggu covid selesai,” ucapnya.

Pendonor lainnya, Rizki Surya Widiantoro menuturkan, masyarakat mungkin kurang paham akan pentingnya donor darah di masa pendemi ini. Menurutnya, Covid-19 ini tidak dapat menular dari adanya donor darah.

Kepala UTD PMI Provinsi Lampung, dr. Aditya, M. Biomed mengatakan sampai saat ini, tidak ada kasus penularan Covid-19 melalui transfusi darah.

“Banyak pasien, salah saatunya Talasemia itu sangatlah membutuhkan transfusi darah dan itu tidak menunggu masa pandemi ini selesai,” tuturnya.

Ketua UKM KSR PMI Unit Unila, Syahrul Gunawan mengatakan kedepannya kegiatan ini dapat menyokong kebutuhan darah di masa pandemi ini.

“Harapannya masyarakat akan lebih sadar bahwa kebutuhan darah saat pandemi ini sangatlah tinggi. Donor darah ini aman sesuai protokol kesehatan yang telah ditentukan,” ujarnya.

Rilis

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post