Tingkatkan Pengetahuan Siswa Lewat Pelatihan Dokcil

teknokra.com: Mahasiswa KKN Unila Desa Dwi Warga Tunggal Jaya, Tulang Bawang lakukan pelatihan dokter cilik (Dokcil) di SDN 01 DWT Jaya Kecamatan Banjar Agung, Rabu-Jumat, (5-7/01). Pelatihan bertujuan untuk meningkatan pengetahuan siswa terhadap perilaku sehat di lingkungan sekolah.

Rangkaian kegiatan Dokcil antara lain sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), cuci tangan pakai sabun, pengukuran bobot dan tinggi badan, penanganan pertama pada pingsan dan minisan, pengenalan obat P3k, hitung denyut jantung, senam bersama, dan bersih-bersih sekolah.

Syifa Fakhira Siregar (Kedokteran ’17) salah satu anggota kelompok KKN Unila Desa Dwi Warga Tunggal Jaya mengungkapkan pelatihan ini lebih difokuskan ke anak usia SD karena lebih rentan terkena infeksi. “Karena anak SD kebanyakan nggak aware sama hal tersebut, selain itu untuk membiasakan hidup bersih dan sehat sejak dini,” tuturnya.

Chika Desrima Putri, siswi kelas V-A mengaku senang mengikuti pelatihan Dokcil ini. “Bisa belajar banyak, paling suka belajar tentang penanganan orang pingsan dan mimisan sama belajar lagu cuci tangan,” ujarnya.

Yudha Aji Prayoga (Ilmu Hukum ’17) Kordes Dwi Warga Tunggal Jaya berharap pelatihan yang diberikan kepada adik-adik dapat bermanfaat untuk kedepannya. “Harapannya dari pelatihan beberapa hari ini apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan dapat dibagikan ke teman-temannya,” ujarnya.

Penulis Chairul Rahman Arif

Pemimpin Redaksi

Related post