Parade Virtual Background, Alternatif Pengganti Papermob di Masa Pandemi

teknokra.com: Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung (Unila) menggelar parade virtual background menggunakan aplikasi zoom. Kegiatan ini dilakukan sebagai pelengkap rangkaian acara penerimaan mahasiswa baru Unila tahun 2020 yang dilaksanakan secara online.

Ketua pelaksana, M. Garda Widjayakusuma (Agronomi ’19) menuturkan bahwa parade virtual background menjadi alternatif pengganti papermob, sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19 yang tengah terjadi saat ini.

“Kendala utama itu ada di sinyal dan kesulitan untuk berkomunikasi. Jika dibandingkan papermob secara langsung di lapangan tentu lebih cepat koordinasinya,” ucapnya.

Parade virtual background dilakukan secara bertahap, dimulai pada minggu pertama bulan September dan dijadwalkan akan dipublikasikan pada tanggal 21 September 2020 melalui media sosial. Pada agenda ini, terdapat total 412 mahasiswa baru Unila yang turut berpartisipasi.

Dalam pelaksanaannya, peserta parade virtual background akan diarahkan untuk membentuk mozaik tertentu menggunakan gerakan tangan melalui zoom. Selanjutnya, akan dilakukan perekaman oleh panitia sehingga membentuk sebuah short movie.

Mahasiswa baru, Faldy Hendaru (Teknik Elektro ’20) menilai bahwa papermob daring ini terkesan kurang meriah. “Sebenarnya pengen banget papermob secara langsung, tapi saat ini kita juga harus melihat kondisi dimana aspek keselamatan harus tetap menjadi yang utama”, ucapnya.

Hal serupa dikemukakan oleh Ayu Winarti (Ilmu Hukum ’20), yang berpendapat bahwa akan lebih menyenangkan jika papermob dilaksanakan secara langsung. “Tapi karena ada pandemi, secara online juga pasti seru,” tuturnya.

Penulis: Shofy Aulia Afifah

Editor: Sri Ayu Indah Mawarni

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post