Naik Enam Peringkat, Unila Terbaik ke-24 Versi Webometrics

teknokra.com: Situs pemeringkatan Webometrics telah merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia, tak terkecuali di Indonesia, pemeringkatan  universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics pada tahun 2021 ini  menempatkan Universitas Lampung pada peringkat ke-24 dari ribuan perguruan tinggi yang ada Indonesia, peringkat tersebut membuat unila naik enam peringkat dari tahun lalu yang menempati peringkat ke-30.

Webometrics sendiri merupakan situs pemeringkatan perguruan tinggi se-dunia yang berbasis website, situs ini di prakarsai oleh badan Lab Cybermetrics, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol.

Sebagai upaya dalam meningkatkan peringkat Universitas Lampung, Wakil Rektor bidang Perencanaan, Komunikasi, Kerjasama, dan Teknologi, Prof. Suharso mengupayakan berbagai program. “Kita buat tim klasterisasi dan webometrics, Workshop update data Sinta dan google scholar untuk seluruh dosen, Workshop pembersihan data google scholar,” ujarnya.

Juru bicara Rektor Universitas Lampung Kahfi Nazarudin mengklaim peningkatan rangking ini terjadi berkat kinerja pimpinan universitas Lampung. “Itu hasil nyata satu tahun kinerja pimpinan Unila dan konkretisasi kata bersinergi dalam semboyan Berinovasi dan Bersinergi. Dengan bukti ini, saya percaya pada tahun-tahun mendatang kita akan jadi saksi Unila yang tambah maju” ungkapnya.

Dilansir dari situs Webometrics pemeringkatan perguruan tinggi itu dilakukan berdasarkan data website yang berkaitan dengan volume dan kualitas konten yang diterbitkan di Web perguruan tinggi tersebut, selain itu terdapat 3 indikator penilaian dalam pemeringkatan Webometrics ini, diantaranya ialah : visibility (jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi), transparency or openness (jumlah kutipan dari penulis teratas), dan excellence or scholarly (makalah teratas yang paling banyak dikutip).

Penulis: Buliano A’do Basthotan

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.