Mahasiswa KKN Buat Inovasi Pestisida dari Campuran Bawang Putih dan Lidah Buaya

teknokra.com: Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Lampung Periode I 2021, Desa Kibang, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur membuat pestisida nabati dan membagikan pada warga, Jumat (12/2). Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pestisida nabati adalah bawang putih dan lidah buaya.

Menurut Imatri Lida Sabillah (Pendidikan Sejarah ’18), salah satu peserta KKN, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan pestisida kimia.

“Pembuatan pestisida nabati ini terbuat dari bawang putih, lidah buaya, dan juga air, serta di fermentasi selama tiga hari,” katanya.

Ia menambahkan bahwa pemberian pestisida nabati tersebut juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam membasmi hama tanaman menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

“Harapannya kita bisa membantu masyarakat desa dalam menghemat pengeluaran, dan bahkan bisa mengurangi dampak dari penggunaan pestisida kimia,” ujarnya.

Setiono salah satu warga Desa Kibang merasa terbantu dengan adanya pembuatan pestisida nabati tersebut.

“Mudah-mudahan kedepannya masyarakat desa bisa memproduksi pestisida nabati ini secara mandiri atau kelompok untuk dijual dan bisa meningkatkan penghasilannya,” pungkasnya.

rilis

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.