KPK FP Unila dan Mahasiswa KKN Adakan Penyuluhan Guna Tingkatkan Produktivitas Ternak

teknokra.com : Klinik Pertanian Keliling (KPK) bersama Mahasiswa KKN adakan penyuluhan guna tingkatkan produktivitas ternak. Selasa, (28/01). Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Bumi Harapan, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji.

Penyuluhan yang dihadiri lebih dari 40 warga Desa Bumi Harapan itu sebagian besar memelihara ternak sapi, kambing, dan ayam kampung. Penyuluhan dihadiri oleh narasumber yang berasal dari dosen Jurusan Peternakan, masing-masing Farida Fathul, Sulastri, Purnama Edy Santosa, Siswanto, dan Mirandy Pratama Sirat. Kegiatan penyuluhan peternakan dibuka secara resmi oleh Romica Anads selaku Kepala Desa Bumi Harapan.

Romica Anads menyambut baik kegiatan mahasiswa KKN yang mengundang tim KPK FP Unila agar warga dapat memperbaiki manajemen pemeliharaan ternaknya dengan lebih baik.

Farida sebagai pemateri tentang pakan ternak menyarankan agar peternak mulai menerapkan teknologi pengawaetan hijauan. “Hal itu dimaksudkan agar peternak tidak mengalami hambatan dalam penyediaan pakan selama musim kemarau,” ujarnya.

Senada dengan Farida, Sulastri mengingatkan agar peternak tidak melakukan perkawinan antarternak yang masih memiliki hubungan kekerabatan agar tidak menimbulkan cacat genetik pada generasi keturunannya. Siswanto menasihati peternak agar cermat dalam mendeteksi gejala birahi dan mengawinkan ternaknya pada saat yang tepat agar terjadi kebuntingan dalam satu kali perkawinan.

Sedangkan Purnama menegaskan agar peternak membangun kandang yang sesuai dengan kaidah kenyamanan ternak agar ternak dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik.

Mahasiswa KKN Desa Bumi Harapan, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji antara lain Fika Agustin, mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional, FISIP Unila selaku koordinator desa, Fifaldo Ryantika dan Laila Rahmawati dari FP, Niluh Putu Astri Agustin  dari FEB, Bagus Susilo Putra dari FMIPA, Mega Gustina dari FKIP, Silvando Rananda dari FH.

Rilis

Related post