Komunitas Pers Mahasiswa Sumatera Dideklarasikan

Foto: Repro Internet
Foto: Repro Internet

Teknokra.com: Komunitas Pers Mahasiswa Sumatera (KPMS) secara resmi dideklarasikan pada Kamis malam, (20/10) di Taman Wisata Alam Wira Garden. Pendeklarasian KPMS merupakan puncak kegiatan Pelatihan Manajemen Website se-Sumatera (PMWS) yang diadakan oleh Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa Teknokra Unila, Sabtu-Kamis (15-20/10). Kegiatan bertema Bingkai Sumat­era Lewat Dunia Maya ini mem­bentuk situs web portal kpms.com yang bertujuan untuk me­nampung berita dan menyiarkan berita lebih luas.

KPMS terbentuk setelah mela­lui diskusi yang diikuti oleh 29 peserta PMWS dari 19 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang ada di Sumatera diantaranya berasal dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Riau serta Lampung. Khairul Mubaraq, utusan dari LPM Detak Unsyah Aceh terpilih sebagai web master.

“Menjadi web master tak berarti tidak belajar dengan yang lebih ahli. Selain itu kelebihan dari kpms.com ini adalah adanya forum diskusi antara semua LPM yang menjadi bagian dari KPMS,” ujar Kahirul.

Ketua Pelaksana PMWS, Dian Wahyu Kusuma mengatakan, la­tar belakang terbentuknya KPMS adalah adanya kesamaan tujuan untuk memberikan informasi ke­pada masyarakat secara lebih mu­dah. “Dengan adanya kpms.com berita-berita di Sumatera dapat di­akses dalam satu situs,” ujar Dian.

Menurut Dian, adanya kpms.com dapat memberikan informasi kepada masyarakat dengan ideal­isme pers mahasiswa tanpa adanya kepentingan lain. “Idealisme akan timbul di dalam diri setiap LPM dan akan meluas ke pembaca yang mengakses kpms.com,” kata Dian

Sebelum pendeklarasian, peser­ta PMWS telah mengikuti pelatihan manajemen website dengan pembicara Andreas Harsono (Yayasan Pantau), Budi Putra (Konsultan Viki.com), dan Agung Riyadi (Yayasan Air putih)

 

Redaksi Teknokra

https://teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Related post