Dua Bakal Calon Presma-Wapresma Ajukan Sidang Sengketa

teknokra.com: Dua pasang bakal calon (balon) Presiden Mahasiswa-Wakil Presiden Mahasiswa (Presma-Wapresma) Universitas Lampung (Unila) 2020 atas nama Septian Adi P.-Claudia N.D.P.H dan M. Julianto-Agung Ilham mengajukan sidang sengketa ke Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM). Sidang ini dihadiri oleh perwakilan tim sukses (timses) masing-masing, perwakilan panitia khusus (pansus), dan MPM di Ruang Sidang Gerha Kemahasiswaan Lt. 2 pada Kamis (12/11).

Kedua balon Presma-Wapresma tersebut merasa dirugikan. Menurutnya, pansus melakukan mekanisme yang salah karena melanggar SK 7 poin pertama.

Bunyi pasal yang dilanggar ialah pendaftaran, pengembalian berkas calon Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa, calon anggota DPM U dan Tim sukses dilaksanakan pada tanggal 2 November, 3 November, 4 November, 5 November, 6 November, dan 9 November 2020 pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat pukul 08.00 s.d 12.00 dan dilanjutkan kembali pukul 13.00-17.00 WIB dilaksanakan secara dalam jaringan (daring).

Namun, pada Rabu (11/11), ada dua pasang balon lain yang masih bisa mendaftar atas nama Eko Wijayanto-Haridotama dan Ropiudin-Rois Abdillah.

Hanggara Ramadhan (Ilmu Hukum’16), Ketua MPM mengatakan penggugatan sengketa pemira adalah hal biasa. Menurutnya, ini merupakan kebebasan untuk mengemukakan pendapat dalam demokrasi.

“MPM secara konstitusional diberi hak kehakiman mencoba mengambil keputusan sebijak mungkin, ya walaupun nanti ada yang merasa dirugikan,” ujarnya.

Ia berharap sidang lanjutannya berjalan lancar, karena menurutnya pembahasan dalam sidang sudah mengerucut kepermasalahan.

Yoel Daun Benyamin (Ilmu Hukum’17) Ketua Timses dari pasangan M. Julianto-Agung Ilham berharap MPM bersikap objektif sebagai penentu keputusan.

“Harapannya gugatan kami diterima karena berlandaskan bukti yang ada, argumen kami berdasarkan dengan logika dan ilmu,” ucapnya.

Sidang sengketa belum membuahkan hasil dan masih di tunda. Sidang ini akan dilanjutkan pada Jumat (13/11).

Penulis: Yesi Sarika

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post