Unila Dorong Mahasiswa Lebih Aktif Berkegiatan dengan SKPI

Mulai tahun kelulusan 2021, Universitas Lampung (Unila) akan memberikan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi para mahasiswanya. Nantinya, SKPI diberikan sebagai pelengkap bagi ijazah dan transkrip akademik.

Hero Satrian Arif, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, menjelaskan bahwa tujuan dari SKPI ini adalah untuk mendorong mahasiswa aktif kegiatan di luar kegiatan akademik.

SKPI dilihat dari keaktifan mahasiswa dalam mengikuti lomba yang dibuktikan dengan sertifikat, kegiatan propti, keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi, dan kegiatan lain.

 “Tujuan SKPI buat pendukung mahasiswa sehingga lulus itu bukan hanya lulus akademik, tapi lulus nantinya punya keahlian,” jelasnya.

Hero menjelaskan untuk alurnya, setiap akhir semester, data-data mahasisiwa akan dilaporkan ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

 “Jadi nanti nama-nama yang mau wisuda kita usulkan ke PDDikti, kemudian oleh PPDikti nanti mereka periksa lagi apakah benar atau tidak data tersebut. Jadi semuanya harus pakai satu data,” katanya.

Riko Ardiansyah, Koordinator Forum Komunikasi Unit Kegiatan Mahasiswa (Forkom UKM) Unila, menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, dengan adanya SKPI bisa menarik minat mahasiswa untuk aktif di UKM.

“Saya berharap SKPI mampu manarik Mahasiswa untuk aktif berkegiatan di luar jam kuliah. Karena dalam hal ini juga, Mahasiswa yang aktif berorganisasi nantinya akan menyumbangkan prestasi perlombaan dan lain-lain, yang berpengaruh pada peningkatan akreditasi juga,” ungkapnya.

Penulis: Ihwana Haulan

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.