Benny Kadarhariarto :“Berkreativitas Tanpa Batas”

beni-kadaryanto
Foto: Ardah Mahadasari

Teknokra.com: Teknokra Jejama 2016 yang diselenggarakan oleh UKPM Teknokra Unila, sudah memasuki hari yang ke tiga. Dimulai sejak 15 Oktober, hari ini para peserta menjalani pelatihan tentang videografi oleh Benny Kadarhariarto (CEO Cinematography Indonesia) Senin, (17/10) di Hotel Kridawisata.

Berkaitan dengan materi sebelumnya tentang jurnalisme traveling oleh Himawan (Chief Editor Pesona Indonesia), materi videografi berisi tentang teknik pengambilan dan pengeditan video. Menurut Benny,  kreativitas menjadi kunci utama dalam  membuat karya apapun yang unik, termasuk video perjalanan.

Benny juga mengatakan, video merupakan bagian dari ilmu jurnalisitik, dimana seorang reporter dapat meliput, mengedit dan menyajikan materi. Ia juga menjelaskan bentuk video yang akan dilakukan oleh peserta nantinya adalah video perjalanan. Penggarapanya melalui tiga tahap yaitu pra-production, production, dan post production.

Hal pertama yang dibutuhkan dalam video jurnalistik traveling ialah perencanaan dan gaya cerita yang akan dipilih. “Buat rencana perjalanan, setelah itu reporter harus melakukan penelitian akan tempat yang akan dituju, dan yang berakhir dengan menyiapkan peralatan yang berhubungan dengan perjalanan,” kata Benny.

Setelah itu, video yang telah disortir akan memasuki tahap pengeditan hingga akhirnya bisa menghasilkan seni yang dapat berbicara. Dan tak lupa keistimewaan sebuah  karya videografi  bukan hanya dilihat dari peralatan mewah dan mahal yang menunjang tapi juga tergantung dengan bagaimana seseorang dapat terus berkreativitas tanpa batas dengan memanfaatkan hal yang ada.

Kehadiran musik yang sesuai dengan tempo dan alur cerita akan membuat sebuah karya videografi menakjubkan yang mampu berbicara, walau video narasi  sekalipun. Ketika suatu video dapat berguna sebagai media dalam berkomunikasi banyak orang, hal itu membuktikan bahwa berkomunikasi yang  menjadi kebutuhan dasar bagi setiap manusia bisa hadir dalam berbagai bentuk salah satunya melalui seni.

Tak hanya secara verbal, secara non verbal pun manusia memiliki kemampuan untuk menangkap makna suatu kata. Suatu kata dapat membentuk sebuah kaliamat, kumpulan kalimat membentuk paragraf dan kumpulan paragraf nantinya dapat memiliki alur cerita yang bisa dijadikan script dalam peliputan video journalist traveling.

Laporan : Retnoningayu Janji Utami

Editor     : Yola Septika

Redaksi Teknokra

https://teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Related post