Pelatihan Manajemen Website Se-Sumatera

Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung
Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung

Teknokra.com: Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas lampung akan mengadakan acara Pelatihan Manajemen Website se-Sumatera (PMWS) dengan tema “Bingkai Sumatera Lewat Dunia Maya”. Acara ini akan diadakan pada tanggal 15-20 Oktober 2011.

Acara ini akan dibuka dengan Workshop New Media (Bagaimana Jurnalis Menghadapi Teknologi Internet) dengan sasaran peserta wartawan, mahasiswa dan umum. Lalu dilanjutkan dengan acara pelatihan pembuatan website dengan peserta yang berasal dari satu orang perwakilan Lembaga Penerbitan Mahasiswa(LPM) se-Sumatera. Tak hanya pelatihan acara ini juga diselingi dengan diskusi persma.. Dipenghujung acara web terbaik buatan peserta akan dinobatkan sebagai web portal bersama Persma se Sumatera dan akan dilakukannya pendeklarasian Aliansi Pers Mahasiswa se-Sumatera.

KONSEP ACARA PMWS

Media online sebagai media yang menyediakan berita secara cepat, bahkan dalam hitungan menit menjadi alternatif baru yang banyak diburu para pembaca. Media umum, banyak yang sudah memanfaatkannya, sedangkan persma secara umum masih sebatas wacana meskipun ada beberapa yang sudah menerapkannya.

Untuk itu, Teknokra yang berangkat dari keinginan sesama penggiat persma, berniat untuk memfasilitasi pembelajaran penerapan media online dalam acara Pelatihan Manajemen Website se-Sumatera. Kegiatan ini dibuka dengan acara Workshop Manajemen Pembuatan Website yang akan diisi oleh Andreas Harsono (Pantau) dan Didik Supriyanto (Detik.com) dan diakhir acara ini akan dibentuk Aliansi Pers Mahasiswa (APM) se-Sumatera dengan sebuah produk webportal bersama.

Teknokra juga aktif menggelar berbagai even baik level daerah seperti Rally Foto se Lampung (kini sudah yang kelima kalinya) dan kegiatan berlevel nasional yang telah 12 kali diselenggarakan yaitu: Pendidikan Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Lanjut se-Indonesia( tahun 2001, 2003 dan 2010). Kegiatan Pendidikan Jurnalistik Mahasiswa tingkat Pengelola (PJMP) se-Indonesia tahun 2000 dan 2004. Simposium Generasi Pers Mahasiswa Nasional (Sigermas) pada 2008. Sementara lebih kebelakang lagi, periode 1990 sampai 1999 namanya adalah Diklat Jurnalistik Mahasiswa tingkat Lanjut (DJML) se-Indonesia sebanyak 6 (enam) kali perhelatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk :

  1. Memberi pengetahuan tentang manajemen website
  2. Meningkatkan pengetahuan tentang media online.
  3. Membentuk wadah media online persma se-Sumatera

Pelatihan manajemen web ini sangat bermanfaat diantaranya adalah

  1. Sebagai ajang pembelajaran dalam menyelenggarakan kegiatan bertaraf regional.
  2. Meningkatkan pengetahuan peserta tentang manajemen website.
  3. Meningkatkan pengetahuan peserta tentang media onlline.
  1. Sebagai ajang bagi sponsor untuk mempromosikan dan membangun citra perusahaan.

Dalam hal ini TEKNOKRA Mengadakan Workshop dan Pelatihan Manajemen Website.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini baik para peserta maupun panitia dapat

  1. Meningkatnya pengetahuan tentang manajemen website.
  2. Peserta dapat mengaplikasikan pengetahuannya selama pelatihan dalam bentuk media online.
  3. Terbentuknya wadah media online persma se-Sumatera dalam bentuk web portal bersama.
  4. Meningkatnya citra perusahaan yang menjadi sponsor kegiatan ini.

Penanggung Jawab : Fatoni Latif

Steering Comitee : Asih Budi Ariyanti

Ni’matus Shaumi

Supendi

Organizing Comitee : Dian Wahyu Kusuma

Nely Merina

Agnes Lisdiani

Deskripsi Acara

Hari pertama, sesi 1-2: Di acara pembukaan akan ada Workshop tentang New Media, (Bagaimana jurnalis menghadapi teknologi internet).

Hari kedua, Sesi 3: Materi Pengenalan Bagian-bagian Web Portal dan Cara Menggunakan dan Penerapannya. Sesi 4 : Materi Manajemen Pembuatan Web Portal.

Hari Ketiga, Sesi 5-6: Materi Pembuatan Web Portal dilanjutkan dengan praktek (template, modul, komponen). Masing-masing peserta kemudian diwajibkan untuk membuat web portal dan web yang terbaik akan menjadi web portal persma se-Sumatera.

Hari keempat, Sesi 7. Materi Cara Menguploud Konten dan Web, serta Cara Meningkatkan SEO Web Portal. Sesi 8: Materi Hosting dan Security Internet.

Hari kelima, Sesi 9-10. Materi Cara Mempercantik Tampilan Web Portal dan Pengumuman Web Portal terbaik.

Hari keenam (hari terakhir). Pendeklarasian APM se-Sumatera dan Peresmian Web Portal Bersama.

*Setiap malam harinya diadakan diskusi untuk membahas pembentukan Aliansi Persma se-Sumatera dan web portal bersama.

Redaksi Teknokra

https://teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Related post