Teliti Sejarah Lada dan Kopi, Tiga Mahasiswa Sejarah Lolos Pendanaan

teknokra.com: Tiga mahasiswa Pendidikan Sejarah Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penelitian Sosial Humaniora (8/8). Ketiganya adalah Muhammad Rizkillah, Fera Verianti, dan Hilman Rifqi. Mereka meneliti tentang sejarah perkebunan lada dan kopi yang ada di Lampung.

“Kita sebagai generasi muda Lampung ingin mengungkap sejarah Lampung dan mengenalkan Lampung khususnya dibidang perekebunan, di kancah nasional maupun internasional,” ujar Rizkillah, Ketua Tim.

Menurutnya, ini juga merupakan respon mereka sebagai mahasiswa sejarah dalam mengkaji sejarah lokal yang ada di Lampung. Khususnya dalam pergeseran komoditas andalan masyarakat masa kolonial hingga sekarang.

Dosen Pembimbing, Yusuf Perdana mengungkapkan hal ini merupakan gagasan yang baik juga dapat menjadi pelopor mahasiswa untuk mengembangkan kreativitasnya. Ia juga berkata dalam penelitian lebih banyak menggunakan media daring.

“Untuk pembimbingan karena lagi masa pandemi jadi kami full online dan kami juga tidak di perbolehkan untuk langsung turun lapang. Untuk sumber-sumber kita juga carinya online,” ucapnya.

Penelitian dengan berjudul “Tenggelamnya Mutiara Hitam Lampung” ini mengangkat sejarah lada yang dulu bisa eksis bahkan hingga tersohor di Eropa. Namun, sekarang berpindah ke kopi. Hal ini di awali oleh krisis Malaise oada 1929 dimana sangat memengaruhi harga kopi sebagai komoditas alternatif.

Setelah lolos pendanaan, kelompok ini akan berlanjut untuk mengikuti seleksi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) pada 14 Oktober.

Penulis: Sri Ayu Indah Mawarni

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post