Radar TV Cari yang Siap Hadapi Tekanan, Mau Belajar dan Berwawasan Luas

Foto: Kalista Setiawan
Foto: Kalista Setiawan

Teknokra.com: Radar TV tengah mencari bibit baru yang berpotensi di dunia broadcasting, khususnya presenter. Radar TV Presenter Hunt 2016 kembali diadakan di Bandar Lampung. Beberapa perguruan tinggi seperti Unila, IAIN, Universitas Muhammadiyah Lampung (UML), IBI Darmajaya turut disambangi. Menurut Reki M., pihak radar TV masih menunggu konfirmasi dari IBI Darmajaya dan IAIN dalam menyelengarakan kegiatan ini. Kegiatan ini baru terlaksana di UML pada Selasa (05/04) dan di Unila pada Sabtu (09/04) lalu.

Radar TV lebih memfokuskan pada potensi mahasiswa dalam perekrutan, baik kategori News Presenter maupun Non-News Presenter. Menurut Reki, selaku panitia Radar TV Presenter Hunt 2016, mahasiswa sudah memiliki modal jika mereka termasuk mahasiswa yang kritis, berwawasan luas, fresh dan energic. Beberapa kampus besar yang memiliki jurusan terkait broadcasting juga menjadi peluang besar untuk mendapatkan seseorang yang ahli di bidangnya.

Sebenarnya, metode penjaringan kali ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Penjaringan presenter dimulai dengan mengadakan roadshow (workshop) di beberapa kampus tertentu (Goes to Campus). Setelah itu, peserta melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir dan memberikannya ketika workshop dilaksanakan atau bisa mengirimnya ke Graha Pena Lampung untuk selanjutnya akan diaudisi di studio utama.

Terakhir, para calon presenter akan mengikuti final yang akan digelar disalah satu mall di Bandar Lampung. Dalam final ini, mereka harus melakukan live report di tempat. Live report ini akan ditayangkan di stasiun Radar TV dan akan dinilai oleh juri yang berasal dari stasiun TV swasta di Jakarta dan perwakilan sponsor.

Bagi peserta yang lolos final, mereka akan mengikuti training selama 3 bulan. Pada masa ini, akan dilihat bagaimana kerjasama peserta dalam tim. Karena kerjasama tim sangat dibutuhkan dalam menyukseskan suatu program acara. Selain itu, skill yang dimiliki serta ketangguhan dalam bekerja juga menjadi perhatian. “Radar hanya memberikan wadahnya, lolos atau tidaknya tergantung nyali, minat, dan bakat,” pungkas Reki M.

Sampai saat ini, sudah ada ratusan orang, baik dari masyarakat umum maupun mahasiswa yang mendaftar. “Jika mereka sesuai dengan persyaratan kami, silahkan saja untuk mendaftar,” ucap Reki. Beberapa kriteria presenter yang dibutuhkan oleh Radar TV Lampung seperti, siap menghadapi tekanan, mau belajar, dan berwawasan luas. “Semoga Radar, mendapatkan orang-orang yang handal dan tangguh,” harapnya. Bagi siapapun yang hendak mendaftarkan diri, bisa langsung mengunduh formulirnya di laman www.radartvnews.com/presenter-hunt-radar-tv-2016 atau bisa membeli koran harian Radar Lampung.

Oleh: Kalista Setiawan

Editor: Ayu Yuni A.

Redaksi Teknokra

https://teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Related post