Peringati Hari Pahlawan, Fokma Adakan Tabur Bunga

teknokra.com: Forum Komunikasi Mahasiswa (Fokma) Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) peringati hari pahlawan di tengah pandemi. Kegiatan ini diisi dengan menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Tanjung Karang pada Selasa (10/11).

“Walau di masa pandemi bukan halangan untuk melaksanakan kegiatan di Hari Pahlawan. Ini sebagai upaya untuk menghargai pahlawan dan menanamkan semangat juang dan patriotisme,” ucap Ketua Fokma, Vany Aswadi (Pend. Sejarah ’18).

Tahun ini, kegiatan tabur bunga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Peserta yang hadir dibatasi dan menggunakan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Salah satu peserta, Ahmad Ridwan Syuhada (Pend. Sejarah ’19) merasa terharu ketika melihat puluhan makam pahlawan yang gugur. Ia berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan menghargai pahlawan bagi mahasiswa lain.

“Salah satu cara menghargai jasa pahlawan dengan Mengheningkan Cipta dan datang ke makam pahlawan. Hal ini berhak dijalankan oleh semua individu, tidak hanya dari mahasiswa sejarah,” ucapnya.

Dosen Pendidikan Sejarah, Yusuf Perdana berpesan mahasiswa harus turut andil dalam peringatan Hari Pahlawan. Menurutnya, mahasiswa harus menjadi Agent of Change dan mampu memberikan dampak yang positif di dalam masyarakat.

“Kita harus bangga karena bangsa Indonesia memiliki sejarah panjang dalam perjuangannya. Dimulai dari perjuangan kedaerahan hingga nasional,” tuturnya.

Penulis: Ahmad Fariz

Editor: Sri Ayu Indah Mawarni

Redaktur Jaringan

https://teknokra.com

Related post