Dapatkan Izin, FK Unila Bersiap Buka PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi

teknokra.com: Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila) mendapatkan izin pembukaan sebagai prodi baru.

“PPDS kedokteran Unila ini sudah diijinkan untuk dibuka, namun belum secara resmi launching karena masih ada beberapa persiapan yang harus dilakukan,” Ujar Prof. Heryandi, Wakil Rektor Bidang Akademik pada Senin (11/1) dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Gedung Rektorat Lantai 2.

Izin pembukaan prodi tersebut tertuang dalam SK (Surat Keputusan) yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI tertanggal 30 Desember 2020.

Dyah Wulan, Dekan FK Unila mengatakan bahwa proses pendirian PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi tersebut telah dipersiapkan sejak tahun 2017.

“Berbeda dengan prodi lain, kalau di prodi spesialis kita harus mendapatkan persetujuan dari Kolegium dan KKI (Konsil Kedokteran Indonesia),” katanya.

PPDS Pulmonologi dan Kedokteran yang pertama di wilayah Sumbagsel (Sumatra Bagian Selatan) tersebut akan mulai membuka pendaftaran pada tahun ajaran 2021/2022.

“Sesuai dengan proposal, dalam satu tahun akan ada dua kali penerimaan. Setiap penerimaan akan ada tiga mahasiswa, jadi dalam satu tahun akan ada enam mahasiswa,” ujarnya.

Masa studi PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi yaitu 4 tahun atau 8 semester. Selain pembelajaran secara teori, mahasiswa juga melakukan pembelajaran secara praktek di RSUDAM (Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek) dan RS jejaring.

“Untuk tenaga pengajar, kita sudah ada enam konsultan terkait dengan paru dan beberapa dosen dengan jenjang pendidikan S-3 yang siap mengajar,” pungkasnya.

Penulis: Annisa Diah Pertiwi

Redaksi Teknokra

https://teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Related post