Latihan Dasar Kepemimpinan oleh Himaseperta

Foto: Repro Internet
Foto: Repro Internet

Teknokra.com: Tri Agustam (Agribisnis ’11), ketua Himasperta mengatakan LDK merupakan kegiatan rutin Himasperta tiap tahun sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan organisasi dan kepemimpinan “mampu mewujudkan

jiwa berkarakter pemimpin” ujar Tri.

Mahasiswa Jurusan Agribisnis angkatan 2014 tampak memenuhi ruang A.1 Fakultas Pertanian (FP) pada Rabu, 24 Desember 2014. Mereka menghadiri acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang digelar Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (Himaseperta).

Dengan memilih tema Membentuk Karakter Berorganisasi Dengan Jiwa Kepemimpinan dan Integritas Dwi Ega Prasetyo (Agribisnis ’13) selaku ketua pelaksana menuturkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan pribadi-pribadi yang berjiwa pemimpin dalam kehidupan sendiri maupun orang lain.

Kegiatan beelangsung dengan lancar. Acara dibuka oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni FP, Ir. Syahrio Tantalo yang sekaligus menjadi pemateri pertama. Syahrio membahas tentang organisasi, kepemimpinan, dan manajemen.

“sukses adalah berani memilih, berani melakukan, berani  mengambil resiko, dan berani menerima tantangan” tuturnya dengan bersemangat. Dengan standar normatif pemimpin yang efektif dan sukses memiliki 4B, yaitu brain, beauty, behaviour, and belief, selain itu visioner, memiliki gairah yang menggebu, keyakinan yang dalam, ketekunan, kebulatan tekad, serta keyakinan diri. Pemateri kedua, Ir. H. Fauzi, M.M. mengulas  mengenai motivasi dalam kepemimpinan dan kepemimpinan dalam berorganisasi.

”Seorang pemimpin yang baik berawal dari menjadi staf yang baik dan pengalaman-pengalaman yang diperolehnya” ungkapnya. Materi ketiga mengenai the leadership untuk memotivasi diri dan berorganisasi disampaikan oleh Fajar Thomas Agatha (alumni Agribisnis ’07), sebagai motivator. “Kepemimpinan adalah seni untuk mempengaruhi orang lain dan Leaders are readers” ujarnya. Pemateri terakhir, Yp. Riza Alfriansyah (Agribisnis ’10) menjelaskan mengenai persidangan yang memiliki tujuan menetapkan keputusan dan perangkat-perangkat organisasi.

Nur Shafika (Agribisnis ’14) sebagai peserta menuturkan acara ini sangat bermanfaat bagi ia dan teman-temannya “Acara ini bermanfaat, menambah wawasan dan pengetahuan baru terutama dalam hal persidangan, bisa mengetahui bagaimana cara-cara sidang yang benar” ungkap Nur Shafika.

Laporan: Luvita Willya Hendri

Redaksi Teknokra

https://teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Related post