Peternakan Explore Spectacular

unila

Teknokra.com: Himpunan Mahasiswa Peternakan ( Himapet ) Fakultas Pertanian Unila adakan Peternakan Explore Spectacular (PES) 2014 .

Acara yang berlangsung dari tgl 22-31 Mei ini merupakan acara tahunan dari Himapet, kegiatan ini juga terdiri dari beberapa rangkaian acara diantaranya adalah seminar nasional, field trip, kontes ayam ketawa nasional dan kampanye gizi.

Ketua pelaksana, Arista Pribadi ( Peternakan ‘11 ) menjelaskan acara yang pertama, seminar nasional dilaksanakan di Auditorium Perpustakaan unila membahas tentang strategi pemerintah dan pelaku bisnis di bidang peternakan dalam menghadapi AFTA 2015 dengan menghadirkan pembicara, Satria Nugraha ketua Bidang Pembibitan Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan RI, Suganda Ketua Bidang Produksi Dinas Peternakan Prov Lampung dan Ketua PINTAR (Perhimpunan Industri Ayam Ras ) Lampung yaitu Agus Wahyudi.

Acara yang kedua yaitu Field Trip ke PT.NTF Lampung dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan di bidang peternakan, acara ini dilaksanakan (22/05). Lalu ada kontes ayam ketawa nasional, acara ini dilaksanakan pada (25/05) di Lap merah Kota Bandar lampung . Kegiatan yang diikuti oleh pecinta ayam ketawa se-indonesia ini mampu menghadirkan peserta yang berasal dari Sulawesi Selatan.

“Selama ini kita ketahui ayam hanya berkokok biasa,namun di kontes ini ayam bisa berkokok selayaknya ketawa manusia.Dalam kontes ini ada beberapa kategori kokokan ayam yang diperlombakan yaitu kategori kerajinan bunyi,kategori suara slow,kategori suara dangdut dan kategori para raja” Ujar Arista.

Acara ini diakhiri dengan bakti sosial di Desa Rejomulyo,Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan yang sudah menjadi Desa binaan Himapet. Acara ini juga melakukan sosialisasi dan praktek cara pengolahan pakan alternatif ternak, management usaha peternakan, pemberian vaksinasi sapi gratis,dan sanitasi kandang dan dilanjutkan mengkampanyekan gizi dengan melakukan penyuluhan pentingnya mengkonsumsi protein hewani untuk pertumbuhan generasi bangsa yang lebih sehat dan berprestasi. Kegiatan ini dibarengi dengan aksi membagikan produk peternakan matang seperti susu,sosis,telur dan ayam kepada warga dan siswa SDN 4 Rejomulyo. Acara ini juga dimeriahkan dengan membuka stand pasar murah seperti gula, tepung, minyak goreng, telur, sabun, teh, mie.

Ketua Umum Himapet, Dwi Haryanto (Peternakan ’11) mengatakan kegiatan kampanye gizi ini adalah agenda yang bagus untuk meningkatkan gizi masyarakat khususnya anak – anak karena anak- anak masih dalam masa pertumbuhan,selain itu melalui kegiatan ini Himapet dapat membantu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Rilis

Editor : Khorik Istiana

admin

Related post