Kontes Cupang Hias Hidrilia

Foto: Khorik Istiana
Foto: Khorik Istiana

Teknokra.com: Himpunan Mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan (Hidrilla) FP Unila adakan kontes ikan hias cupang. Kejuaraan yang memamerkan keindahan ikan yang benama ilmiah Bettasp inidiikuti oleh 142 peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam kontes ini peserta merebutkan 19 kategori perlombaan. Acara ini dinilai oleh 3 dewan juri yang berasal dari Jakarta yaitu Dominikus Ferdinant, Herman Yulianto dan Ahmad Rifai yang sudah bersertifikat international bettacontest(IBC).

Ketua Pelaksana, Dimas Rizki (BDIP ’11) menjelaskan acara ini diselanggarakan karena peminat ikan cupang yang cukup banyak namun belum ada wadah untuk menyalurkan pehobi ikan hias ini. “Semoga acara ini menjadikan kualitas ikan cupang semakin bagus” imbuh Dimas.

Febri Julian Wirayanto (FMIPA BIOLOGI ’09) salah satu peserta kontes ikan cupang ini mengaku  baru pertama kali  mengikuti kontes ikan hias cupang yang diadakan BDPI. “Semoga pemenang kontes bisa jadi icon, apalagi jika pemenangnya dari lampung mengingat Indonesia adalah penyumbang ikan cupang terbesar no 5 di Dunia” ujar Febri.

“kami memilih 19 pemenang, best of show, best of divition yang mengacu pada penilaian IBC” ujar Ahmad Rifai yang juga ketua club ikan cupang IMBC yang berasal dari jakarta. Ia berharap masyarakat luas semakin mengenal ikan cupang yang dikenal asli di Negara Asia

Laporan : Khorik Istiana

admin

Related post