Memandang Tata Kelola Gas Bumi dari Sisi Hukum

1.-Seribu-Langkah-Penghijau-Bumi

Teknokra.com : Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEM FH) Universitas Lampung bekereja sama dengan Pusat Studi Energi (PSE) mengadakan Seminar Daerah dengan tema “Tata Kelola Gas Bumi sebagai Perwujudan Kedaulatan Energi di Indonesia”

pada (16/5). Seminar yang diadakan di Balai Keratun Pemprov Lampung ini menghadirkan beberapa pemateri yaitu Fahmy Radhy, Mailinda Eka Yuliza, dari Pusat Studi Energi Universitas Gajah Mada (PSE UGM), Erwin Arifin, Bupati Lampung Timur, Prof. Suharno, dan Trisnanta.

Seminar ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis eksisting tata kelola gas bumi Indonesia yang diduga menjadi penyebab muncul symptom pemasalahan krisis gas, seperti di Medan dan Jawa Timur, serta potensi krisis di Semarang, dan masih banyak lagi.

Menurut Heryandi, Dekan Fakultas Hukum, ini merupakan pesan bagi presiden, bagi gubernur, sebagaimana yang sudah diamanatkan.

Mengenai permasalahan tata kelola gas bumi, Heryandi berpendapat sudah disarankan bahwa ada yang harus diubah, yaitu tentang kedaulatan energi tersebut, termasuk tentang liberalisasi. Tentang undang-undang migas, serta komitmen pemerintah yang mewarnai undang-undang dan peraturan teknis.

Laporan: Retno Wulandari

admin

Related post