BPS Dukung Kebijakan Pertanian

Statistika mempunyai peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ini berlandaskan UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistika. Statistika menjadi informasi yang strategis.

Ada tiga jenis statistika berdasarkan tujuannya yaitu statistika dasar yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) , statistika sektoral oleh instansi pemerintah dan statistika khusus oleh masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Akhmad Jaelani selaku Kepala BPS Provinsi Lampung saat mengadakan publikasi Sensus Pertanian tahun 2013 (ST2013) di Aula Fakultas Pertanian, Rabu (13/3).

Ia juga menjelaskan BPS merupakan instansi vertikal yang mempunyai perwakilan di daerah provinsi dan kabupaten atau kota yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang kegiatan statistika sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. “Dalam kegiatan sensus pertanian ini BPS berperan mendukung kebijakan Pertanian seperti menyediakan data melalui berbagai survei dan sensus di sektor pertanian,” terang Jaelani

Menurut Jaelani ST2013 merupakan pendataan seluruh usaha pertanian di subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternaka dan kehutanan. Baik pada rumah tangga, perusahaan, pesantren, lembaga pemasyarakatan, barak militer dan kelompok usaha bersama. Sensus ini dilaksanakan karena adanya kebutuhan data dasar terkini untuk menyusun perencanaan pembangunan pertanian di Indonesia dan mengevaluasi kinerja pertanian Indonesia. (Hayatun Nisa F)

Redaksi Teknokra

https://teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Related post